Kamis, 19 September 2013

WALIKOTA MANADO TELEKONFERENCE SAAT SEMINAR





Penggunaan teknologi informasi  (TI) mulai diterapkan oleh pemerintah kota Manado. Hal ini terlihat antara lain pada saat acara seminar Security Awareness dan Pengenalan Gov-CSIRT (Goverment Computer Security Incident Response Team) yang dilaksanakan di hotel Aston Manado, Kamis 19 September 2013. Saat didaulat membuka acara dan membawakan sambutan pada  acara seminar Security Awareness dan Pengenalan Gov-CSIRT, Walikota Manado, Dr. Ir. G. S. Vicky Lumentut, SH. M.Si. DEA, sesaat sebelum mengikuti diklat di Kementerian Dalam Negeri di Kalibata Jakarta, menggunakan media sosial Skype untuk melakukan teleconference dengan Peserta Gov-CSIRT yang terdiri para kepala SKPD pemerintah provinsi Sulut;  para asisten, kepala SKPD, para staf ahli Walikota dan para camat pemerintah kota Manado; para kepala dinas perhubungan dan kominfo kabupaten/kota se Sulawesi Utara; dinas pendapatan pengelola keuangan & aset kota Padang Sidempuan provinsi Sumatera Utara; dinas perhubungan dan kominfo provinsi Kalimantan Selatan; rumah sakit umum daerah M. Yunus Bengkulu; perwakilan dari Unsrat, Unima dan politeknik Manado; relawan tik provinsi dan kabupaten/kota se Sulawesi Utara; pemerhati IT Sulut; Aptikom Sulut (asosiasi perguruan tinggi informatika & ilmu komputer); Pt. Telkom Manado. 
Mengawali sambutannya, Walikota Manado memberi apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan kegiatan seminar Security Awareness dan Pengenalan Gov-CSIRT. Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan seminar ini, terlebih khusus di tengah-tengah kian pesatnya perkembangan teknologi informasi komunikasi dalam kehidupan manusia. perkembangan teknologi informasi komunikasi (TIK) yang begitu pesat tidak dapat dipungkiri telah sangat membantu umat manusia dalam banyak hal. Setidaknya dalam satu dasawarsa terakhir ini, telah terjadi lompatan-lompatan besar dalam dunia tik yang menghadirkan produk-produk yang semakin canggih, yang mampu memberikan layanan yang semakin efektif dan efesien,” ujar Walikota yang terkenal visioner ini. Walikota mengatakan bahwa pemerintah kota Manado telah memanfaatkan kemajuan TIK dalam menjalankan roda pemerintahan. “Pemerintah kota Manado sendiri telah memanfaatkan kemajuan TIK dalam menjalankan pemerintahan, pembangunan serta kemasyarakatan, dengan tujuan agar pembangunan akan semakin maju, pemerintahan akan semakin bersih, efektif, efisien, transparan dan akuntabel, serta kualitas pelayanan publik dan partisipasi masyarakat akan semakin meningkat, namun, dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di masing-masing pemerintah daerah, perlu juga disadari bahwa ada ancaman-ancaman nyata terhadap keamanan informasi yang semakin meningkat. bentuk-bentuk ancaman seperti serangan virus, worm dan malware dapat mengacaukan sistem informasi, bahkan aksi para oknum kejahatan cyber dapat mencuri data-data sensitif, baik data sensitif pemerintah maupun pribadi.kata Walikota. Walikota berharap agar kiranya kegiatan seminar dapat meningkatkan kesadaran bersama tentang betapa pentingnya untuk mengamankan aset sistem informasi. “Sehubungan dengan itu, saya berharap agar kiranya kegiatan seminar ini dapat meningkatkan kesadaran kita bersama tentang betapa pentingnya untuk mengamankan aset sistem informasi yang kita miliki. Sehingga dari situ, kita nantinya dapat membangun satu persepsi yang sama, agar selanjutnya kita bisa saling mengisi dalam upaya membangun keamanan informasi terlebih khusus bagi instansi pemerintah. Dalam kegiatan ini pula, diharapkan kita juga akan memahami tugas dan fungsi tim penanganan insiden keamanan informasi bagi instansi pemerintah, serta manfaatnya bagi kita sekalian terkait dengan keamanan informasi pemerintah, terlebih khusus di daerah sulawesi utara ini. Dengan segala pengetahuan yang dapat kita peroleh melalui seminar ini, itu semua diharapkan akan dapat semakin menguatkan langkah antisipatif dan responsif kita dalam mengamankan sistem informasi dan segala bentuk data elektronik kita miliki,” pungkas Walikota.
Turut mendampingi Walikota dalam seminar Security Awareness dan Pengenalan Gov-CSIRT, Wakil Walikota Manado, Harley. A. B. Mangindaan, SE. MSM, yang bertindak sebagai pengantar dan pengarah saat Walikota membawakan sambutan, dan Ir. Bambang Heru Tjahyono, M.Sc, Direktur  Keamanan Informasi. Sedangkan Pemateri saat seminar, antara lain; Prakoso dari Kementerian Polhukam; Stenly Karouw, ST. M.TI; Adi Nugroho; Gildas Deograt; Zaenal Arifin dan Ahmad Khalil Alkazimy.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar