Rabu, 25 September 2013

PMI KOTA MANADO GELAR PELATIHAN SATGANA







Kembali PMI kota Manado melaksanakan kegiatan pelatihan SATGANA (satuan tenaga penanggulangan bencana) kerja sama dengan Palang merah Denmark yang bertempat  di Kompi A Infantri 712 Tateli, pada tanggal 24 September 2013. Kegiatan yang di buka langsung oleh Ketua PMI kota Manado. Prof. DR. Julyeta. P. A. Runtuwene, MS, DEA, di dampingi oleh Kadis Sosial, Frans Mawitjere, SH dan kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Max Tatahede, S.Sos. Dalam sambutan Ketua PMI mengatakan bahwa PMI diberi mandat oleh pemerintah untuk melaksanakan bantuan tanggap darurat. "Dalam Tugas Kemanusiaan PMI diberikan mandat oleh pemerintah  untuk melaksanakan bantuan tanggap darurat,  oleh karena itu dalam melaksanakan tanggap darurat PMI harus memiliki kapasitas dan skill terlebih untuk para relawan PMI," kata Ketua PMI kota Manado. Lebih lanjut Ketua PMI mengatakan "Tugas SATGANA adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terkena bencana. Baik pada saat terjadj bencana maupun saat pemulihan (dukungan PSP)," tegas Ketua PMI kota Manado. 
Setelah membuka kegiatan, Ketua PMI memberikan materi kepemimpinan kepada para peserta. kegiatan ini juga di hadiri oleh Senior Program Officer Palang Merah Denmark (DRC), Musrizal Harris. Dalam kegiatan tersebut Musrizal mengatakan bahwa kegiatan Satganan merupakan bentuk dukungan PMI kota Manado dalam penanganan bencana. "Kegiatan SATGANA ini merupakan bentuk dukungan penguatan kapasitas PMI kota Manado dalam hal kapasitas di bidang penangaan bencana," tutur Musrizal.
Sekertaris PMI kota Manado Ibu Hendah Murtanti, SH sebagai penanggung jawab kegiatan mengatakan tujuan pelatihan ini untuk  menciptakan relawan PMI yang Terlatih dan tangguh. "Pelatihan ini bertujuan menciptakan relawan PMI yang Terlatih dan tangguh serta Siap mengabdi kepada masyarakat," pungkas Murtanti. Kegiatan yang di ikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari KSR, TSR dan Sibat Desa. Kegiatan berlangsung mulai tanggal 23-29 September 2013, melibatkan pelatih dari TNI AD 712 sebagai instruktur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar