Sabtu, 07 September 2013

Walikota Manado Tatap Muka Dengan Jajaran Kesehatan







Walikota Manado, Dr. Ir. G. S. Vicky Lumentut, SH. M.Si. DEA, Jumat 6 September 2013, bertatap muka dengan jajaran Pt. Askes Manado, Dinas Kesehatan (Dinkes) dan para perwakilan dari Rumah Sakit (RS), di rumah  dinas (Rudis) Walikota Manado, kawasan Bumi Beringin Manado. Dalam pertemuan tersebut, Walikota didampingi Kepala Dinkes Manado dr Robby Mottoh mendapat informasi terkait pelaksanaan Universal Coverage atau layanan kesehatan gratis bagi warga Kota Manado, dan pelayanan cepat call center 118.
Menurut dr. Jimmy Panalewen, kendala utama yang dihadapi rumah sakit dalam program UC adalah peningkatan jumlah pasien yang sangat signifikan. Hal itu dikarenakan tidak ada data yang lengkap mengenai jumlah peserta UC dengan layanan kesehatan lainnnya seperti Askes, Jamsostek dan Jamkesmas. “Kami memang mengalami sedikit kendala karena jumlah pasien meningkat ketika program UC digulirkan Pemkot Manado. Hal ini terjadi karena kita tidak punya data mengenai jumlah pengguna UC. Karena ada yang menggunakan program lain seperti Askes, Jamsostek dan Jamkesmas yang juga menggunakan UC saat berobat,” jelas dr Jimmy.
Olehnya, Walikota Manado menandaskan akan melakukan verifikasi data yang berasal dari Lurah dan Camat. “Saya minta Lurah dan Camat untuk memberikan data tentang masyarakat yang menggunakan program UC dengan siapa saja yang masuk dalam program Askes, jamsostek dan Jamkesmas. Datanya harus akurat tidak boleh direkayasa,” tandas Walikota. Lebih lanjut dikatakan Waikota, "Kelemahan-kelemahan pada pelayanan UC harus dijadikan bahan kajian untuk dicarikan solusinya," ujar Walikota.
Selain membicarakan UC, dibahas juga mengenai call centre 118, untuk memudahkan masyarakat mendapat pelayanan Rumah Sakit yang cepat, khususnya pasien gawat darurat atau emergency. "Untuk memperlancar pelayanan kesehatan masyarakat, pemerintah telah menyediakan line telepon/call center 118 khusus pasien gawat darurat atau emergency" tutur Walikota yang visioner ini. 
Dalam pertemuan ini, turut dihadiri Camat-Camat se-kota Manado. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar