Minggu, 29 September 2013

WALIKOTA MANADO BERDIALOG JARAK JAUH DENGAN AWAK MEDIA





Sabtu 28 September 2013 atau jumat malam waktu Amerika, Walikota Manado, Dr. Ir. Vicky Lumentut, SH. M.Si. DEA melakukan Jumpa pers melalui teleconfrens jarak jauh dengan menggunakan  fasilitas Skype yang difasilitasi oleh Kadis kominfo Hanny Waworuntu dan Kepala Bappeda kota Manado, Dr. Peter Karl Bart Assa, ST, M.Sc. dari Boston dengan pekerja media dan Wakil Walikota Manado, Harley A. B. Mangindaan, SE. MSM yang berkumpul di ruang Toar Lumimuut Pemkot Manado.
kepada awak media yang berkumpul pada saat konferensi, Walikota Manado menceritakan tentang perjalanannya menuju Amerika sampai saat mulai mengikuti pendidikan dan pelatihan "Leadership Transformation in Indonesia" di Harvard Kennedy School di Boston. "Kami mulai bertolak ke Amerika 21 September pekan lalu dengan menunpang Qatar Air menuju Doha, lalu istirahat selama empat jam, kemudian  meneruskan perjalanan menuju New York," Kata Walikota. Lebih lanjut Walikota menuturkan, "Sampai di Amerika kami harus menjalani prosedur pemeriksaan keamanan imigrasi dulu, lalu melanjutkan perjalanan ke negara bagian Massachusetts, dimana kota Boston dan tempat Universitas Harvard berada. Sedangkan temperatur udara di Boston antara 11-17 derajat." tutur Walikota pilihan rakyat ini. Walikota mengaku merasa sedikit Jet leg saat tiba di Amerika, tetapi setelah beristirahat sedikit, kondisi tubuh Walikota pulih kembali. "Hari Minggu, semua rombongan diklat diantar menuju swalayan untuk belanja kebutuhan makanan dan kebutuhan sehari-hari untuk keperluan selama seminggu. Ini dimaksudkan agar semua peserta bisa fokus mengikuti diklat," ujar Walikota. GSVL sapaan akrab Walikota, juga menceritakan rutinitasnya sehari-hari di Harvard. "Setiap hari saya bangun jam 05.00 waktu setempat, setelah berdoa dan membaca Alkitab, saya kemudian melakukan aktifitas olahraga dengan berlari mengelilingi apartement. Setelah berolahraga saya harus menyiapkan sarapan sendiri dengan memasak supermi dan merebus jagung. Kebetulan saya bawa Roa dari Manado untuk dicampur dimakanan. Untuk makan siang kami telah disiapkan untuk makan bersama, jadi harus menyesuaikan makanan yang disediakan. Untuk makan malam, kembali makan mie dengan memasak sendiri. Kegiatan Diklat dimulai jam 08.00 sampai pukul 17.30 waktu setempat. Setiapt hari saya jalan kaki pergi-pulang dari apartemen ke kampus, kira-kira memakan waktu 20 menit. Saya jadi teringat saat-saat kuliah dulu," ungkap Walikota.
Dalam teleconferens tersebut, banyak pertanyaan yang disampaikan para awak media yang langsung dijawab oleh Walikota Manado. Pertanyaan yang dilontarkan seputar kebijakan-kebijakan pemerintah kota Manado seperti santunan dana duka, rencana pemindahan kantor DPRD dan pemkot Manado ke Mapanget, rencana pemindahan kantor Dinas Pariwisata dan kebudayaan kota Manado ke Kayuwatu, daerah resapan air di Karombasan dan rencana pembangunan kebun binatang di Manado Tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar