Kamis, 21 Maret 2013

Wawali : Keragaman Budaya Perekat Torang Samua Basudara

Kebudayaan daerah patut dilestarikan dan dijaga. Hal itu disadari betul oleh Wakil Walikota Manado, Harley AB Mangindaan, SE, MSM. Wawali mengajak warga Kota Manado untuk menjaga kelestarian budaya daerah. Mencintai budaya  sejak dini harus diwariskan dan ditanamkan kepada anak cucu.

Menurut Wawali, kebudayaan merupakan cermin dan ciri khas suatu daerah. "Masih banyak budaya dan tradisi Manado seperti dari etnis Minahasa, Bantik dan Sangihe yang layak dikagumi dan harus dijaga,” kata Wawali

Wawali menilai, era perkembangan teknologi digital dan globalisasi ini memudahkan setiap anak di Manado  untuk melihat perkembangan dan budaya luar. Bila tidak dibentengi dengan pengetahuan, pemahaman terhadap kebudayaan sendiri anak-anak mudah terpengaruh. “Dan bukan tidak mungkin kebudayaan kita akan dilupakan generasinya sendiri.”

Beberapa hal tersebut tercetus setelah Wawali mengunjungi Kampung Budaya Bengkol, Kamis (21/03) hari ini dan berdialog dengan tua-tua adat dari Bantik dan Tonaas dari Minahasa serta pemerhati budaya, DR. Ivan Kaunang, M.Hum mengenai keragaman budaya yang harus dilesatarikan dan diperekat dalam bingkai Torang Samua Basudara.***(Allen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar