Senin, 28 Januari 2013

Walikota Hadiri Rapat Kerja Bersama Presiden


Senin 28 Januari 2013, Walikota Manado Ir GS Vicky Lumentut SH M.Si DEA, menghadiri rapat kerja pemerintah yang di gelar oleh Pesiden Susilo Bambang Yudhoyono. Rapat itu digelar sekitar pukul 10.00 WIB di Jakarta Convention Center (JCC). Rapat kerja ini sendiri diikuti anggota Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Gubernur, dan Bupati/Walikota dari seluruh Indonesia. Pada bagian akhir Rapat Kerja itu, Presiden memberikan arahan dan menutup Rapat Kerja, setelah Wapres Boediono dan sejumlah Menteri memberikan pembekalan baik pada sesi I dan II.
Dalam rakor itu, Walikota menjelaskan, ada beberapa topik yang dibahas, antara lain terkait penangulangan korupsi. "Ada panel pencegahan korupsi, yang langsung di paparkan oleh KPK, BPK, Kejaksaan dan Polri," kata Walikota. Disamping itu, optimalisasi pembangunan daerah melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran pendapatan Belanja Daerah (APBD). "Komitmen pemerintah pusat dalam upaya mengoptimalkan penggunaan dana APBN dan APBD pada tahun 2013 ini, membutuhkan sinergitas dan dukungan dari seluruh lapisan pemerintahan hingga ke paling bawah. Seperti diketahui kemungkinan tahun ini ada peningkatan kucuran APBN lebih dari 15%. Presiden ingin memastikan APBN itu optimal dalam pembangunan di daerah," ujar Walikota.
Hal lain yang dibahas dalam rapat tersebut lanjut Walikota, terkait persiapan pemerintah dan optimalisasi dari penanggulangan kerusuhan dan konflik horizontal di masyarakat, termasuk penanggulangan kerusuhan konflik di tahun pemilu pada 2014 mendatang. Pemerintah melihat gejala konflik sosial yang harus ditangani secara serius oleh TNI dan Polri. Presiden akan meluncurkan rancangan peraturan presiden (perpres) penanganan konflik horizontal dan sosial keamanan.   (anq)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar