Jumat, 13 Desember 2013

WALIKOTA TERIMA BANTUAN ALAT PERINGATAN DINI






Waspada bencana alam yang sering terjadi khususnya di Kota Manado, warga tak perlu panik. Pasalnya Pemerintah Kota Manado bekerjasama dengan JICA Jepang menghadirkan radio peringatan dini menghadapi bencana khususnya banjir.
Wali kota Manado Dr Ir G S Vicky Lumentut SH MSi DEA turun langsung ke kantor RRI untuk uji coba radio tanggap bencana yang dibuat oleh Yusuke Wakiya. Wali kota memberikan apresiasi kepada pembuat radio yang diciptakan dan dipakai pertama kali di Indonesia khususnya di Manado, untuk mengetahui bahaya bencana yang datang, juga berfungsi sebagai penerima signal adanya banjir di Manado. “Saya sangat berterima kasih kepada JICA yang telah membantu Pemkot Manado dalam hal mengantisipasi bencana yang terjadi,” terang Wali kota visioner ini. Lanjutnya, sedikit menceritakan tentang kerja sama Pemkot Manado, PMI kota Manado dan Palang Merah Denmark yang membantu dalam waspada bencana yang saat ini sudah berjalan dibeberapa kelurahan. “Diharapkan juga kerjasama ini akan berjalan dengan baik demi mengantisipasi bencana yang ada khususnya untuk warga kota Manado agar terhindar dari bencana,” tukasnya.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado Maxmilian Tatahede mengatakan tujuan dari kegiatan ini merupakan peringatan dini bagi masyarakat yang berada dialiran sungai. “Apabila akan turun hujan radio ini memberikan signal kepada masyarakat untuk bisa mengefakuasi sebisa mingkin,” tutur pria murah senyum ini.
Uji coba yang dilakukan langsung disiarkan di Radio Republik Indonesi (RRI) Manado dengan simulasi himbauan terhadap warga Manado karena sungai Tondano yang meluap akan mengakibatkan banjir.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar