Jumat, 03 Mei 2013

Wawali Sambut Penerbangan Perdana Batik Air








Maskapai Penerbangan Batik Air resmi meramaikan langit Manado, Jumat Siang (03/05). Tepat pukul 13.55 Pesawat jenis Boeing 737-900 ER ini mendarat dengan sempurna di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado dan resmi disambut oleh Wakil Walikota Manado, DR (C) Harley AB Mangindaan, SE MSM bersama isteri tercinta Seyla Kudati, ST, ME. Senyum mengembang terpancar dari raut 151 penumpang saat mereka menuruni tangga pesawat. Wawali pun tampak begitu antusias memberikan ucapan selamat kepada para penumpang. Presiden Direktur Lion Air Rusdi Kirana bersama isteri dan Direktur Utama Batik Air Achmad Luthfie tampak berada diantara para penumpang. Sebelum didoakan, Wawali Manado bersama Ibu beserta Sekprov Sulut, Ir. Siswa R. Mokodongan memecahkan kendi di ban pesawat menandakan resminya pengoperasian Batik Air yang rencanananya akan terbang tiga kali sehari ke Jakarta. Selanjutnya Wawali bersama Isteri dipersilahkan naik kedalam pesawat untuk mengamati kecanggihan pesawat. Setiap unit pesawat itu ada 180 kursi yang terdiri atas 168 kursi ekonomi dan 12 kursi bisnis. Pesawat yang dioperasikan Batik Air, berdesain batik pada ekor pesawat, dan setiap pesawat sudah dilengkapi dengan konsep wireless fidelity (Wi-Fi). Di kelas bisnis, penumpang dimanjakan dengan kursi nyaman seluas 45 inch yang dilengkapi dengan layanan hiburan berupa LCD yang terpasang di setiap kursi. Penumpang kelas bisnis juga diizinkan membawa bagasi hingga 30 kg. Sementara di kelas ekonomi memiliki jarak antar kursi 32 inch yang dilengkapi LCD di setiap kursi. Selain itu, penumpang juga diizinkan membawa bagasi hingga 20 kg. Wawali saat dimintai tanggapannya menyambut antusias akan kehadiran Batik Air di Manado "Bertambahnya maskapai penerbangan yang datang dan pergi dari Manado tentunya dapat membawa income serta berdampak dengan semakin membanjirnya wisatawan yang akan datang mengunjungi kota ini."ujar Wawali. "Manado juga bangga karena para pramugarinya menggunakan Batik Manado sebagai salah satu seragamnya"tambah Wawali.
Direktur Utama Batik Air Achmad Luthfie mengatakan untuk tahun pertama ini, yakni hingga akhir 2013, pihaknya akan mengoperasikan 6 pesawat yang seluruhnya Boeing 737-900ER. Nantinya mulai Semester II/2014, akan tiba pesawat Airbus 320.
“Pada 3 Mei 2013 kami masih operasikan satu pesawat, selanjutnya pesawat kedua datang pada 4 Mei, pesawat ketiga 8 Mei, keempat akhir Mei, dan Desember akan datang dua pesawat lagi. Sehingga akhir tahun ini ada enam,” tuturnya.
Achmad mengatakan untuk tahun depan akan datang dua pesawat per bulan. Mulai Semester II/2014 akan masuk dua unit Airbus 320 setiap bulan, sehingga pada akhir 2014 akan ada 30 pesawat yang terdiri dari  Boeing 737-900ER, B737-800NG dan Airbus 320.
Dia menjelaskan pada penerbangan perdana, pihaknya memilih rute penerbangan agak jauh, yakni Jakarta-Manado  agar penumpang merasakan layanan kursi lebih luas, makanan seperti es krim.
Achmad menargetkan pada tahun pertama, load factor atau keterisian penumpang Batik Air 90%. Untuk mencapai target ini, pihaknya akan memberlakukan tarif promo. Batik Air akan terbang dari terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Hadir juga dalam penyambutan ini Wagub Sulut, DR. Djouhari Kansil, MPd, Danlanudri Kolonel Pnb Ferdinand Roring dan Komanadan Danlantamal VIII Manado Laksma TNI Guguk Handayani.***(allen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar