Selasa, 26 November 2013

KOREA JAJAKI MANADO BUAT KOTA KEMBAR

Walikota Manado menerima kunjungan Park Young Gue, utusan Walikota Anyang.



Utusan Walikota Anyang menunjukkan surat penugasan dari Walikota Choi Dae Ho



Keberhasilan kota Manado dibawah kepemimpinan Walikota Manado, Dr. Ir. G. S. Vicky Lumentut, SH. M.Si. DEA dan Wakil Walikota Manado, Harley. A. B. Mangindaan, SE. MSM, terdengar sampai ke Korea Selatan. Buktinya Selasa 26 November 2013, Walikota Anyang Korea Selatan, Choi Dae Ho, mengutus  Park Young Gue, bertemu dengan Walikota Manado guna membangun komunikasi dalam rangka penjajakan kerjasama sebagai kota kembar (Sister City). Kota Anyang terletak di sebelah selatan dari ibukota Seoul. Pertemuan ini berlangsung kurang lebih dua jam, di ruang kerja rumah dinas Walikota Bumi Beringin. Dalam pertemuan tersebut, dibicarakan persoalan mengenai sistem pemerintahan dan manajemen transportasi. "Pemilihan Manado sebagai calon kota kembar Anyang, karena kami sudah mendengar keberhasilan-keberhasilan kota Manado dibawah kepemimpinan Pak Vicky-Harley. Apalagi iklim investasi di Manado sangat menjanjikan karena kotanya yang aman dan nyaman, apalagi potensi Manado sama dengan Korea yang mempunyai potensi laut indah dan terlebih potensi pariwisatanya sangat bagus" kata Tommy, salah satu tim penerjemah utusan korea.
Park young gue mempunyai keyakinan, pariwisata kota Manado bisa bertumbuh pesat. "Bila Manado membuka jalur penerbangan Internasional langsung ke Asia Timur, maka Manado bisa menjadi pusat pariwisata yang bisa bertumbuh pesat, karena Manado mempunyai letak geografis yang strategis yang terletak di tengah-tengah antara Korea dan Cina," tutur Park.
Walikota Manado menyambut gembira kunjungan utusan kota Anyang. "Saya menyambut gembira utusan Walikota Anyang. Saya tanya kenapa Manado dipilih mereka, katanya mereka senang Manado karena mereka telah mengikuti perkembangan Manado akhir-akhir ini," tandas Walikota. Menurut Walikota Manado, bila penjajakan Sister-City dilakukan secara intensif, awal tahun depan penandatanganan MOU bisa dilakukan. "Kemungkinan awal tahun depan bisa dilakukan penandatanganan MOU, bila ditindaklanjuti secara insentif," ujar Walikota. Lebih lanjut Walikota mengatakan kota Anyang ingin bekerjasama dibeberapa bidang. "Tadi mereka memberikan profil-profil tentang kota Anyang. Ada keinginan mereka bekerjasama dibidang pariwisata, sosial budaya, kesehatan, ekonomi dan pendidikan. Nanti akan ditindaklanjuti dan dibentuk tim dan hasilnya akan diteruskan ke pemerintah provinsi serta kekementerian dalam dan luar negeri" pungkas Walikota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar